Kapolres Buleleng Lakukan Panen Raya Padi Bersama Petani

BULELENG – Kopolres Buleleng, AKBP Andrian Pramudianto, S.I.K., S.H., M.Si., melalui Bhabinkamtibmas melakukan pendampingan dan pembinaan terhadap petani maupun pekebun yang ada di desa binaan masing-masing. Salah satunya petani padi yang ada di Subak Basah Banjar Tengah Desa Tukadmungga, Kecamatan Buleleng.

Bentuk pendampingan awal yang dilakukan Polres Buleleng terhadap petani sawah yang ada di Subak Basah Banjar Tengah adalah dengan pemberian sumur bor yang dipergunakan untuk mengairi persawahan yang dikelola Subak Basah Banjar Tengah, baik di saat musim panas maupun di saat petani padi memerlukan air di sawah yang dikelolanya.

Kali ini panen raya padi binaan Polres Buleleng dilakukan di lahan sawah garapan Jro Made Drata yang ada di Banjar Dinas Dharma Yadnya, Desa Tukadmungga dengan luas lahan padi yang dipanen sekitar 7,3 are, dengan jenis padi Ciherang Infari 32, yang masa panennya selama 110 hari terhitung dari masa pembibitan. Hasil panen mencapai 6 ton.

Kapolres Buleleng AKBP Andrian, didampingi Kelian Subak Basah Banjar Tengah I Nyoman Widiana, Perbekel Desa Tukadmungga I Putu Madia, Kelian Adat Dharma Jati Ketut Wicana, S.Pd., serta Kepala Dusun Dharma Yadnya Gede Suartana, serta bersama-sama dengan petani lainnya melakukan panen raya padi.

Kegiatan panen raya padi ini dilakukan pada Sabtu (22/1/2022) mulau pukul 10.15 wita yang saat itu Kapolres Buleleng bersama dengan pendamping yang lain, terjun dan turun langsung ke tengah sawah melakukan panen padi dengan menggunakan sabit untuk memotong padi yang sudah menguning dan siap panen.

Kelian Subak Basah Banjar Tengah menyampaikan, dengan terlaksananya bantuan sumur bor dari Kapolres Buleleng, mudah-mudahan petani dari Subak Banjar Tengah Desa Tukad Mungga dapat bersaing dengan subak-subak lain sehingga kedepannya hasil dari panen padi ini bisa ditingkatkan.

Kapolres Buleleng menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan program Polri untuk ketahanan pangan di wilayah Kabuapten Buleleng sehingga para kelompok tani mendapatkan dukungan moral dalam bercocok tanam menghasilkan padi yang berkualitas.

“Polres Buleleng bekerjasama dengan para petani termasuk perbekel, melakukan panen raya yang sebelumnya Polres Buleleng telah melakukan pendampingan dan pemberian bantuan kepada para petani terkait penyaluran air berupa bantuan pompa air sehingga sawah yang ada di desa dapat teraliri air dan nantinya berdampak kepada kesejahtraan petani,” tandasnya. (bs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *