Pj Bupati Lihadnyana Ikuti Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2022

BULELENG – Penjabat (Pj) Bupati Buleleng, Ketut Lihadnyana, didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, dan Asisten III Setda Buleleng, Nyoman Genep, hadir mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2022 secara virtual di Ruang Rapat Kantor Bupati Buleleng, Kamis (22/9/2022).

Rakernas yang mengambil tema “Mengawal Akuntabilitas Keuangan dan Kinerja untuk Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat” itu dipimpin langsung oleh Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani, di Gedung Djuanda I Jakarta.

Dirjen Perbendaharaan RI, Harianto, dalam laporannya menyampaikan agenda Rakernas merupakan kegiatan rutin tahunan bergengsi yang dilakukan Pemerintah Pusat dalam rangka meningkatkan kinerja pengelolaan keuangan. Dijelaskan, hari ini adalah acara puncak Rakernas dengan 2 agenda, yakni penyerahan penghargaan pengelolaan keuangan wajar tanpa pengecualian (WTP) kepada Entitas Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah serta talkshow.

Ditambahkan, tujuan dari Rakernas ini adalah untuk mewujudkan penguatan kualitas dan akuntabilitas keuangan dan kinerja pemerintah yang bermuara pada peningkatan awareness dan menjaga komitmen serta kesamaan langkah dalam percepatan pemulihan dan kebangkitan ekonomi nasional.

Selanjutnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani didampingi Dirjen Harianto menyerahkan plakat penghargaan WTP kepada Kementerian Negara/Lembaga dan Pemerintah Daerah serta dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

Dalam sambutannya, Menteri Sri Mulyani meminta seluruh Kementerian/Lembaga dan Pemda yang memperoleh penghargaan untuk terus meningkatkan fungsi pemerintahan yang akuntabel. Hal ini wajib dilakukan agar kinerja pengelolaan keuangan pemerintah lebih baik dan efektif serta efisien dalam melakukan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat.

Menteri Sri Mulyani juga mengucapkan selamat dan memberikan apresiasi kepada seluruh penerima penghargaan WTP. Pihaknya berharap ke depannya upaya strategis perekonomian pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat segera terwujud.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Buleleng dalam penyerahan plakat penghargaan bergengsi itu meraih WTP 8 kali berturut-turut.
Hadir dalam Rakernas, Kepala Bappeda Buleleng, Reika Nurhaeni, Inspektur Buleleng, Putu Karuna dan Kepala BPKPD Buleleng, Nyoman Sugiartawan. (bs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *