HAB Ke-76, Kemenag Buleleng Berbagi ke Panti Asuhan

BULELENG – Seiring dengan semangat peduli sosial dan keumatan serta komitmen kemanusiaan seraya memeriahkan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama RI Ke-76, panitia beserta segenap perangkat struktural dan fungsional Kantor Kemenag Buleleng menggelar giat bakti sosial.

Beberapa agenda bakti sosial yang dimaksud adalah kegiatan kebersihan di tempat ibadah yang telah dilaksanakan pada pekan lalu sebagai perwujudan nyata moderasi beragama. Kemudian rencana pembagian pakaian layak pakai untuk masyarakat serta kunjungan ke panti asuhan untuk berbagi sembako.

Sembako ini berisi paket beras, minyak goreng, mie dan bahan pokok lainnya. Jumlah sembako yang disebar 70 paket khusus untuk warga panti asuhan. Sisanya sejumlah paket juga dibagikan untuk masyarakat sekitar yang dianggap layak menerima bantuan yang diserahkan langsung oleh para pimpinan satker terkait.

Kegiatan ini merupakan upaya nyata yang dilakukan oleh seluruh jajaran Kantor Kemenag Buleleng sebagai wujud nyata membangun relasi spiritualitas sosial dan bentuk kepedulian nyata terhadap masyarakat, khususnya mereka yang tinggal di panti asuhan. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan motivasi, inspirasi sekaligus meringankan beban para pengasuh di masa pandemi Covid-19 ini.

Semangat ini menjadi nyata setelah dilakukan kunjungan langsung pada empat lokasi yang telah ditetapkan, yaitu Pasraman Pasir Ukir di Desa Pedawa Kecamatan Banjar, Panti Asuhan Amanah Yayasan Ihya Ulumuddin Desa Tegallinggah dan Panti Asuhan Miftahul Ulum Yayasan Tujuh Belas Juli Pegayaman Kecamatan Sukasada, serta Panti Asuhan Hindu Destawan.

Kunjungan hari pertama pada (28/12/21) dilakukan di Pasraman Pasir Ukir Pedawa dan Panti Asuhan Amanah Tegallinggah. Kepala Kantor I Made Subawa, SE, M.Pd., bertolak bersama rombongan ke Pasraman Pasir Ukir Desa Adat Pedawa, Kecamatan Banjar, melaksanakan kegiatan Bakti Sosial penyerahan Bantuan sembako sejumlah 20 paket.

Kepala Kantor Kemenag Buleleng beserta rombongan diterima dengan hangat oleh pimpinan, pengasuh dan warga binaan pasraman dari unsur warga usia lanjut dan anak-anak usia sekolah yang keseharaiannya belajar dan bakti di lingkungan pasraman tersebut.

“Kami sangat salut dan bangga dengan perjuangan pengasuh Pasraman Pasir Ukir di tempat yang jauh dari kota dengan medan yang sangat berat masih ada yang mau berjuang mengayom masyarakat di perkampungan merupakan sebuah pengabdian keumatan yang luar biasa. Kami dari keluarga Kemenag Buleleng sangat terhormat bisa berkunjung, meskipun tidak bisa memberikan banyak hal, hanya sekadar sembako untuk memotivasi dan menyambung tali persaudaraan mewakali segenap keluarga Kemenag Buleleng sekaligus ungkapan sukacita serangkaian HAB ke-76,” ungkap Subawa.

Tampak hadir Kasubag TU, para kasi/penyelenggara dan sejumlah JFU serta pramu dan diterima hangat oleh warga binaan pasraman dengan jamuan kopi dan kinangan. Pengasuh pasraman yang juga Penyuluh Agama Hindu di Kantor Kemenag Denpasar ini juga menyerahkan cendramata berupa olahan kayu majegau yang konon dianggap keramat dan disucikan di wilayah Pedawa dan sekitarnya.

Berikutnya, rombongan Kepala Kantor Kemenag Buleleng menuruni bukit menuju Panti Asuhan Amanah Tegallinggah. Pada kesempatan itu juga diserahkan 15 paket sembako kepada pengasuh yang diwakili Wakil Ketua Yayasan Ihya Ulumudin, Supian Hadi, M.Pd. dan para santri. Pihak yayasan menyambut antusias kedatangan rombongan Kemenag Buleleng tersebut dan menyampaikan ungkapan terima kasih.

Hari kedua, 29 Desember, kegiatan penyaluran sembako berlanjut menuju Panti Asuhan Miftahul Ulum Pegayaman. I Made Subawa bersama dengan rombongan Kasubag TU, Kasi dan Penyelenggara beserta JFU/Pramu menyerahkan 15 paket sembako pada pengurus panti asuhan dan perwakilan anak asuh. Tampak dalam sambutannya Kepala Kantor Kemenag Buleleng sangat haru bisa menyaksikan keadaan dan mendengar penuturan pengurus yang harus mengurus puluhan anak asuh dan memerlukan uluran tangan banyak pihak. Perwakilan pengurus juga menyampaikan rasa syukur dan terima kasih pihak Kemenag Buleleng berkenan hadir mensupport panti asuhan tersebut.

Menjelang siang rombongan yang dipimpin langsung oleh Kasubag TU I Made Sarjana, didampingi oleh Kasi Pendis, Urah, penyelenggara Budha dan Katolik serta sejumlah pramu juga penyuluh bertandang menuju Panti Asuhan Destawan Sawan.

Sarjana dalam sambutannya yang larut dalam haru biru mengenang masa kecilnya menyaksikan anak asuh di panti asuhan ini sambil menitik air mata dan sedu sedan penuh rasa simpati dan empati yang mendalam. “Kalian kelak harus sukses dan bisa berbagi menjadi tumpuan harapan untuk keluarga dan masyarakat,” pungkas Sarjana. (bs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *