Pemilu Tahun 2024 Momentun Perempuan, Ketua Bawaslu Bali Dorong Peran Serta Perempuan

BULELENG – Tahapan Pemilu tahun 2024 sudah akan dimulai. Partisipasi masyarakat menjadi kunci sukses penyelenggaraannya, terutama peran perempuan. Hal tersebut disampaikan Ketua Bawaslu Provinsi Bali, Ketut Ariyani, dalam paparannya di hadapan peserta Latihan Khusus Kohati (LKK) Tingkat Nasional Koprs HMI-Wati Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Singaraja Tahun 2022 di Gedung Laksmi Graha Buleleng, Minggu (12/6/2022).

Lebih lanjut Ariyani mendorong kader-kader perempuan untuk berani mengambil peran dalam menyukseskan pemilu 2024. Menurutnya, perempuan dengan jumlahnya yang lebih banyak dibandingkan laki-laki, mempunyai kesempatan untuk menjadi pemimpin-pemimpin baru. Terlebih kuota perempuan dalam pelaksanaan pemilu, baik sebagai penyelenggara ataupun peserta belum maskimal.

“Perempuan memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh laki-laki. Seperti selalu detail dalam pekerjaan, maka dengan meningkatkan kemampuan, perempuan mampu memegang peran-peran srategis dan Pemilu 2024 menjadi momentum yang tepat,” ujarnya.

Srikandi Bawaslu Bali asal buleleng ini juga berpesan agar para peserta perempuan yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia itu, untuk menunjukan kemampuan kinerja dengan hasil kerja yang maksimal. “Agar ruang-ruang kepemimpinan ini dapat diisi oleh perempuan. Kita harus mampu menunjukkan kinerja dengan hasil kerja,” ungkapnya.

Acara Latihan Khusus Kohati dan stadium general yang bertema “Perempuan Tangguh Menuju Indonesia Emas 2045” dibuka oleh Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat, Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemenpppa) Republik Indonesia, Indra Gunawan.

Dalam pembukaannya, Indra Gunawan mengatakan bahwasanya menjadi salah satu prioritas Kemenpppa untuk menghadirkan lebih banyak kepemimpinan perempuan di masa yang akan datang. Pihaknya telah mendorong regulasi yang dapat mengakomodir perempuan-perempuan untuk dapat menjadi pemimpin.

“Kepemimpinan perempuan harus kita dukung. Kami akan mendorong keterwakilan perempuan sebagai top leader kedepannya,” jelasnya.

“Nantinya saya berharap melalui pelatihan ini mampu menjawab dinamika dan tantangan perempuan menuju Indonesia Emas Tahun 2045,” tambah Indra Gunawan.

Dalam acara yang juga dihadiri oleh Kepada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Komang Kappa Aryandono. Anggota Bawaslu Kabupaten Buleleng Tri Prasetya, Anggota KPU Buleleng Made Sumertana dan Organisasi Kepemudaan Kabupaten Buleleng. Selain Ketua Bawaslu Provinsi Bali, nampak narasumber lainnya Anggota DPRD Kabupaten Buleleng, Ni Kadek Turkini. (bs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *