Dorong Percepatan Vaksinasi, Pemerintah Gencar Laksanakan Program Pahlawan Lansia SIAP

BULELENG – Vaksinasi COVID-19 sangat penting bagi lansia agar mereka terhindar dari gejala parah dan kematian. Karena seperti diketahui, kelompok yang memiliki risiko tinggi terpapar Covid-19 fatal adalah para lansia dan orang dengan komorbid, terutama yang tidak terkontrol.

Koordinator Bidang Data dan Informasi Satgas Covid -19 Kabupaten Buleleng, Ketut Suwarmawan, melalui rilis hariannya, Minggu (5/6/2022), menjelaskan, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) telah menggagas program Pahlawan Lansia Semangat Dapat Vaksinasi Lengkap (SIAP) sebagai upaya melancarkan program vaksinasi Covid-19, serta sebagai upaya menangkal penyebaran informasi hoaks pada kalangan lansia. Menurutnya, salah satu cara membujuk lansia agar bersedia divaksinasi adalah diajak langsung oleh teman sebayanya atau sesama lansia.

“Program Lansia SIAP ini anggotanya adalah mereka lansia berusia 60 tahun ke atas yang telah melakukan vaksinasi Covid-19 dengan dosis lengkap dalam keadaan sehat. Lansia yang dipilih merupakan tokoh panutan di masyarakat, sehingga siap membagikan cerita inspiratifnya seputar vaksinasi Covid -19 di daerah masing-masing, serta harapannya agar program ini nantinya berkelanjutan untuk melindungi kaum lansia, ” ucap Suwarmawan, yang juga selaku Kadis Kominfosanti Buleleng itu.

Lebih lanjut Suwarmawan menyampaikan, lansia yang terpilih akan melakukan rangkaian sosialisasi vaksinasi lengkap Covid-19 dengan melakukan talkshow di radio lokal kabupaten/kota setempat. Para lansia terpilih juga akan melakukan kampanye IG Live dan sosial media melalui kolaborasi dengan influencer lokal, serta melakukan sharing session di beberapa acara kegiatan kemasyarakatan.

Sementara itu, terkait perkembangan penanganan Covid-19 di Buleleng, Kadis yang akrab disapa Ketsu ini menyebutkan hari ini kembali nihil kasus. Sehingga pasien dalam perawatan masih tersisa 2 orang. (bs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *