KPU Buleleng Gelar Pendidikan Pemilih di SMA Negeri 2 Singaraja

BULELENG – KPU Buleleng menggelar pendidikan pemilih di SMA Negeri 2 Singaraja, Senin (23/5/2022). Program bertajul “KPU Goes to School” tersebut bertujuan meningkatkan partisipasi pemilih, khususnya pemilih pemula pada Pemilu Serentak 2024 nanti.

Hadir sebagai narasumber pada acara “KPU Goes to School” tersebut Anggota KPU Kabupaten Buleleng Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Gede Bandem Samudra.

Dalam materinya, Bandem Samudra menyampaikan tentang pengenalan pemilu, siapa penyelenggara pemilu, mensosialisasikan hari dan tanggal pemungutan suara Pemilu 2024, yaitu Rabu, 14 Februari 2024.

Dsamping itu, ia juga menekankan bagaimana caranya menjadi pemilih yang cerdas, dengan mengenali visi misi serta rekam jejak calon pemimpin, menolak politik uang dan bersikap hati-hati terhadap banyaknya berita hoaks yang bersedar di media sosial. 

Bandem Samudra juga mengajak seluruh peserta, apabila nanti telah memiliki hak pilih, agar menggunakan hak pilih tersebut dengan datang ke TPS mengingat arti pentingnya satu suara yang diberikan bagi masa depan bangsa dan negara.

Sosalisasi yang digelar di Aula SMAN 2 Singaraja tersebut diikuti dengan antusias oleh sekitar 90 siswa kelas XI. Banyak pertanyaan-pertanyaan kritis dari peserta. Salah satunya adalah dari Putu Diah Paramitha Iswari Giri yang bertanya perihal kerugian yang akan dialami jika warga golput (tidak memilih).

Menanggapi pertanyaan tersebut, Bandem Samudra menyampaikan bahwa salah satu kerugiannya adalah warga itu sendiri tidak memiliki peran untuk memperbaiki nasib bangsa. “Jadi mereka juga tidak berhak untuk melakukan protes jika ada program pemerintah terpilih yang menurutnya tidak sesuai, karena mereka tidak ikut memilih,” ujarnya.

Sosialisasi berlangsung selama lebih dari satu jam, diselingi dengan membagi-bagikan coklat kepada peserta yang aktif menjawab pertanyaan yang diajukan oleh narasumber. (bs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *