LSPR Communication & Business Institute Gelar Studium Generale LSPR UPSCALES

JAKARTA – LSPR Communication and Business Institute menggelar Studium Generale (Kuliah Umum) bertajuk “Enhancing Your Message Through Film” sebagai rangkaian program LSPR UPSCALES pada Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) tahap I tahun 2021. Kegiatan ini diselenggarakan secara hybrid pada Jumat, 17 Desember 2021. Secara luring, kuliah umum ini diselenggarakan di Prof. Djayusman Auditorium, LSPR Communication & Business Institute Campus B Sudirman Park, dan disiarkan secara daring melalui LSPR youtube.

Dalam kuliah umum ini juga diadakan pemberian penghargaan kepada lima (5) film pendek bertemakan SDG’s yang merupakan output dari pelaksanaan beberapa aktivitas yang sudah terlebih dahulu diberikan pada program LSPR UPSCALES. Tujuan program adalah meningkatkan kompetensi para dosen LSPR untuk menjadi lebih unggul pada era perkembangan digital saat ini. Adapun pelatihan tersebut adalah:
• Pelatihan IELTS oleh Tim English Divison LSPR : September-Oktober 2021
• IELTS Test bekerja sama dengan British Council Indonesia
• Pelatihan Komunikasi Antar Budaya: Tantangan dalam Membangun Networking dan Bekerja (“Cross Cultural communication: Challenges in Connecting and Working”) dengan pembicara dari universitas mitra LSPR, yaitu Daniel Fritz Sillvalanna dari Filipina pada tanggal 10 Agustus 2021 pk 15.00-16.30 WIB. Pelatihan ini dihadiri juga oleh mahasiswa dan dosen dari Davao del Norte State College (DNSC), Filipina.
• Pelatihan Desain Sederhana untuk meningkatkan kampanye sosial dan produksi video (“Simple design to enhance the social campaign and video producing”). Pemateri berasal dari dosen LSPR (Mr. Aditya Nugroho) yang dihadiri juga oleh universitas partner seperti DNSC pada tanggal 16 Agustus 2021 pk 10.00-11.30 WIB.
• Pelatihan Produksi Film Pendek untuk Meningkatkan Kampanye Sosial (“Short Movie Production For Enhancing Social Campaign”) oleh para pemateri dari De Monfort University, Inggris pada tanggal 18-20 Agustus 2021 pk 15.00-17.00 WIB.

Setelah mendapatkan beberapa pelatihan tersebut, para dosen diminta untuk menerapkan pengetahuan yang didapat untuk membuat film pendek bertema SDG’s yang akan diikutsertakan dalam SDG’s International Film Festival dengan berkolaborasi bersama lima (5) mahasiswa dari berbagai konsentrasi yang ada di Program Studi Ilmu Komunikasi, yaitu Public Relations & Digital Communication, Marketing Communication, International Relations Communication, Broadcasting & Digital Media Communication, dan Performing Art Communication. Hal ini tentunya untuk memperkaya film pendek SDG’s yang dihasilkan.

Adapun kelima film pendek yang berhasil menjadi pemenang setelah melalui proses penilaian dari juri, yaitu Mr. Rhys Davies selaku Deputy Programme Leader on MA International Film Production” dari universitas mitra LSPR (De Monfort University di London, Inggris) adalah:

  1. Best Picture – “Ameliorate” oleh tim Bapak Gustav Aulia, S.T., M.I.Kom,
  2. 1st Runner Up – “Elevated Hope” oleh tim Bapak Budi Riyanto, S.IP., M.HI.
  3. 2nd Runner Up – “Spreading the Light: A Story from Siberut” oleh tim Ibu Misty Diansharira, M.A.
  4. 3rd Runner Up – “Behind The Window” oleh tim Bapak dr. Syafiq Basri Assegaff, MA, CBM, IAPR.
  5. Best Cinematography – “Ameliorate” oleh tim Bapak Gustav Aulia, S.T., M.I.Kom.
  6. Best Scriptwriting – “Hope” oleh tim Ibu Past Novel Larasaty, MA.

Komentar Juri Film pendek dari De Monfort University, yaitu Mr. Rhys Davies dan Mr. John Coster mengatakan bahwa mereka sangat kagum dengan kualitas tinggi dari film yang dihasilkan, khususnya mengingat kondisi global di mana film ini diproduksi.

Dekan Fakultas Komunikasi LSPR, Mr. Mikhael Yulius Cobis, MM, M.Si juga menyampaikan apresiasi yang dilakukan oleh para dosen, mahasiswa dan tim LSPR UPSCALES yang telah berupaya mewujudkan kolaborasi antara dosen, mahasiswa dan universitas partner untuk meningkatkan kualitas dosen LSPR. Beliau juga menyampaikan harapannya agar penyelenggaraan LSPR UPSCALES tahap pertama ini akan berdampak pula pada peningkatan kualitas mahasiswa dan LSPR Communication & Business Institute sebagai peguruan tinggi yang semakin siap bersaing di kancah internasional.

“Program ini merupakan salah satu rancangan program IKB LSPR untuk meningkatkan peringkat secara nasional serta untuk internasionalisasi LSPR menjadi World Class University. Tujuannya guna meningkatkan keterampilan dosen-dosen IKB LSPR, dan juga wawasan multikultural. Sebelumnya, IKB LSPR sudah pernah mengirimkan beberapa dosen dalam program pertukaran dosen. Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas Dosen dan Mahasiswa IKB LSPR,” ujarnya. (bs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *