Dengan Sipandu Beradat, Bhabinkamtibmas Desa Tinga-Tinga Pertemukan Warga yang Terlibat Sengketa Tanah

BULELENG – Bhabinkamtibmas Desa Tinga-Tinga, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng berusaha menyelesaikan permasalahan sengketa tanah. Dengan Sistem Pengamanan Lingkungan Terpadu Berbasis Desa Adat (Sipandu Beradat) kedua belah pihak yang bersengketa dipertemukan untuk melakukan musyawarah mufakat.

Dengan mediator Perbekel Desa Tinga-Tinga, I Komang Adi Wirawan, yang didampingi Kadus Kembang Udayana Gusti Bagus Diasfora, Kadus Bubunan Ketut Juwena dan Bhabinkamtibmas Desa Tinga-Tinga, Aiptu Nyoman Darmawa, pada Jumat, 5 Agustus 2022, pukul 12.00 Wita bertempat di aula kantor desa, mempertemukan warga masyarakat yang bersengketa antara Made Tantre, dkk dengan Insinyur Wirianata Sungkono yang diwakili kuasa hukumnya, Mohamad Zaenuri, S.H.

Para komponen Sipandu Beradat di Desa Tinga-Tinga menyampaikan, agar sengketa yang terjadi dapat diselesaikan dengan musyarawah mufakat. Namun dari hasil pertemuan tersebut tidak menemukan jalan keluar, sehingga disarankan untuk menempuh jalur hukum yang tepat.

Bhabinkamtibmas Desa Tinga-Tinga, Aiptu Nyoman Darmawa, seizin Kapolsek KP3 Celukan Bawang, AKP Putu Edy, S, S.H., M.H., menyampaikan, peran Bhabinkamtibmas dalam hal ini hanya menyarankan agar sengketa yang terjadi dapat dilakukan penyelesaian secara musyawarah dan mufakat.

Namun bila tidak ada titik temu, disarankan untuk menempuh jalur hukum yang tetap agar tidak terjadi gangguan kamtibmas, sehingga situasi di desa tetap aman dan nyaman. (bs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *