Tahapan Pemilu 2024 sudah Berjalan, Pasukan PHH Disiapkan

BULELENG – Tahapan pelaksanaan Pemilu 2023 kini sedang berlangsung. Saat ini sudah memasuki tahapan pendaftaran calon anggota legislatif (caleg) oleh partai politik ke KPU.

Dalam menghadapi pelaksanaan tahapan Pemilu Tahun 2024, Polres Buleleng telah mempersiapkan pasukan Penindakan Huru Hara (PHH).

Kapolres Buleleng AKBP I Made Dhanuardana, S.I.K, M.H., yang didampingi Kabag Ops Polres Buleleng dan Kasat Samapta, Rabu (17/5/2023), memberikan acara arahan pasukan (APP) kepada satuan Samapta Polres Buleleng yang menaungi PHH (Penindakan Huru Hara).

PHH Polres Buleleng nantinya akan melaksanakan tugas serangkaian kegiatan atau proses atau cara dalam menghadapi terjadinya kerusuhan massa atau huru-hara guna memelihara keamanan, ketertiban masyarakat dan penegakan hukum.

Kapolres meminta, latihan yang sudah dilaksanakan selama ini untuk terus ditingkatkan. “Persiapkan fisik yang siap pakai sehingga pada saat pelaksanaan tugas sudah siap siaga, menjalankan tugas dengan baik dan mampu untuk mengatasi segala gangguan kamtibmas terkait adanya huru-hara ataupun unjuk rasa yang mengganggu ketertiban umum,” ungkap Kapolres.

Dalam penanganan hura-hara atau menghadapi massa, Kapolres meminta untuk mengedepankan terlebih dahulu negosiator. Bila tidak berhasil dan masih tetap mengganggu kamtibmas, maka yang menghadapinya adalah Dalmas awal yang tidak dilengkapi dengan persenjataan.

“Bila hal tersebut juga tidak berhasil maka diturunkan PHH, tapi ingat jangan mudah dalam menggunakan senjata,” pesan Kapolres.

Kapolres juga meminta agar dilakukan latihan-latihan dan terus latihan, sehingga menjadi terampil, memahami tugas dengan baik dan tahu betul bagaimana cara bertindak sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku saat menghadapi huru-hara ataupun unjuk rasa.

“Laksanakan latihan nyata dalam waktu dekat ini salah satunya tentang sispam kota,” tegas Kapolres.

Gunakan kelengkapan diri, baik dalam berpakaian maupun kelengkapan peranti keras yang wajib dibawa dan dalam penggunaan peranti keras seperti senjata api harus benar-benar sesuai dengan aturan dan ketentuan yang ada, tidak dengan mudah menggunakannya yang dapat membahayakan orang lain.

“Berikan keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat dalam menghadapi setiap tahapan Pemilu Tahun 2024,” tutup Kapolres. (bs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *