BAWASLU: PASTIKAN PEMILIH BERDAULAT DAN AMAN COVID-19 DI TPS

DENPASAR – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak akan digelar Rabu, 9 Desember 2020, di enam kabupaten/kota di Bali. Yakni Kota Denpasar, Kabupaten Badung, Tabanan, Jembrana, Bangli, dan Karangasem. Para penyelenggara harus memastikan, pemilih berdaulat dan aman dari penyebaran Covid-19 ketika di tempat pemungutan suara (TPS).

“Pastikan masyarakat pemilih aman Covid-19 dan berdaulat di TPS,” ujar Komisioner Bawaslu Provinsi Bali, Ketut Sunadra, Jumat (4/12/2020).

Ada hal baru dalam Pilkada Serentak 2020 ini, yakni dalam Pilkada Badung. Di mana, masyarakat Badung harus menentukan pilihannya dengan hanya satu pilihan satu pasangan calon. Karena itu, dalam surat suara Pilkada Badung, ada pilihan kolom kosong.

“Masyarakat yang tak setuju satu paslon, coblos Kolom Kosong di sisi kiri surat suara. Sedangkan jika masyarakat setuju dengan satu paslon, coblos Foto Paslon di sisi kanan surat suara,” jelas Sunadra.

Menurut mantan anggota KPU Badung ini, memilih (mencoblos) Kolom Kosong atau memilih (mencoblos) Foto Paslon adalah sah. Ia juga mengingatkan, masyarakat hendaknya datang ke TPS sesuai waktu yang ditentukan, sesuai Model C-Pemberitahuan, dan membawa KTP elektronik atau surat keterangan (Suket) dan pulpen.

“Jangan lupa pakai masker, cuci tangan pakai air sabun atau handsanitizer, tidak berkerumun,” Sunadra mengingatkan.

Sunadra juga menjelaskan, peserta Pilkada dengan hanya satu paslon (paslon tunggal) dinyatakan memenangkan Pilkada jika memperoleh suara lebih 50 persen suara sah. (bs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *