Peringatan Hari Lahir Pancasila, Rektor Undiksha Ajak Jadikan Momentum Refleksi Diri

BULELENG – Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) melaksanakan upacara memperingati Hari Lahir Pancasila, Kamis (1/6/2023). Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Wayan Lasmawan, M.Pd., mengajak civitas akademika untuk menjadikan momentum ini sebagai tonggak untuk melakukan refleksi diri terhadap kewajiban sebagai warga negara.

Upacara yang diikuti oleh jajaran pimpinan, dosen, pegawai, dan mahasiswa ini berjalan khidmat. Hal menarik lainnya, upacara ini dipermanis dengan penggunaan busana Nusantara. Keragaman yang hadir menunjukkan kekayaan budaya Indonesia dan menciptakan sebuah keharmonian. Keharmonian menjadi hal yang gencar dikampanyekan oleh Undiksha, terlebih di tengah civitas akademika.

Pada kesempatan ini, Rektor Undiksha, Prof. Lasmawan, menyampaikan, sebagai warga bangsa, sebagai warga negara, sudah sepatutnya memahami hakikat dari Pancasila. Kelahiran ideologi Pancasila bersumber dari penggalian para pendiri bangsa dengan merujuk pada kebesaran nilai-nilai budaya Nusantara yang dirumuskan dan ditetapkan sebagai ideologi negara Indonesia.

Oleh karena itu, sebagai warga negara, harus mengetahui memahami serta benar-benar mengimplementasikan nilai universal dasar Pancasila, yaitu ketuhanan, kemanusiaan, kebhinekaan, demokrasi dan keadilan sosial.

“Untuk civitas Undiksha mari kita maknai momentum Hari Lahir Pancasila ini sebagai tonggak untuk melakukan refleksi diri tentang apa, bagaimana, dan apa yang mestinya kita lakukan sebagai abdi negara, sebagai warga bangsa, warga dunia di tengah-tengah era disrupsi,” ajaknya.

Ia berkeyakinan dengan modalitas keharmonian yang pesaja, yang objektif, yang apa adanya, nilai-nilai Pancasila dapat terimplementasikan dengan baik dan akan mampu mewarnai keindahan lukisan bangsa ini menuju era keemasan. (bs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *