KOTA DENPASAR MASUK NOMINASI PENERIMA ANUGERAH TANGGUH ADHIWIRASANA

DENPASAR – Pemkot Denpasar masuk nominasi Penerima Anugerah Tangguh Adhiwirasana Tahun 2021 terkait dengan penanganan Pandemi Covid-19. Hal ini diungkapkan Ketua Pelaksana Anugerah Tangguh Adhiwirasana, I Nyoman Gede Agus Asrama, saat Sosialisasi Tahapan Penjurian Sesi Wawancara yang digelar secara virtual pada Rabu (27/10). Dimana, Kota Denpasar masuk nominasi 30 besar penerima Anugerah Tangguh Adhiwirasana kategori Wira Sandya Laksana.

Lebih lanjut dikatakan, pelaksanaan seleksi penerima Anugerah Tangguh Adhiwirasana dilaksanakan dengan menjaring 514 Kabupaten/Kota dan 34 Provinsi seluruh Indonesia berdasarkan kinerja daerah melalui 19 indikator. Yakni penanganan kesehatan sebanyak 9 indikator, pemulihan ekonomi sebanyak 4 indikator dan peningkatan kesejahteraan sosial sebanyak 6 indikator.

“Terpilih sebanyak 57 kab/kota serta 20 provinsi yang dibagi berdasarkan rayon untuk melakukan pengisian kuesioner self assessment sebagai penjaringan tahap 2 yang kemudian dinilai oleh para panelis penilai,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kota Denpasar, IB Joni Ariwibawa, mengatakan, dari 77 Kabupaten, Kota dan Provinsi yang telah mengikuti self assessment, Kota Denpasar masuk dalam 30 besar Nominasi Penerima Anugerah Tangguh Adhiwirasana kategori Wira Sandya Laksana.

Gus Joni menjelaskan, dalam pelaksanaan self assessment, Kota Denpasar menampilkan beragam inovasi serta terbosonan penanganan pandemi Covid-19. Hal ini utamanya berkaitan dengan penanganan kesehatan, pemulihan ekonomi, serta peningkatan kesejahteraan sosial masyarakat.

“Hal ini berkaitan dengan beragam inovasi serta kebijakan yang dilaksanakan Pemkot Denpasar dalam mendukung optimalisasi penanganan pandemi Covid-19,” jelasnya.

Inovasi dan kebijakan yang dimaksud diantaranya yakni penerapan isolasi terpusat, optimalisasi inovasi Jaga Baya, pemberian vitamin dan obat obatan, percepatan program vaksinasi Covid-19, serta implementasi aplikasi PeduliLindungi dalam kehidupan sehari-hari masyarakat.

Selanjutnya, dalam bidang pemulihan ekonomi, Pemkot Denpasar juga telah melaksanakan beragam terobosan. Seperti halnya berbagai event promosi UMKM Denpasar, serta pelaksanaan D-Youth Fest sebagai ajang kreatifitas dan promosi bagi pelaku UMKM di Kota Denpasar.

Sedangkan dalam bidang peningkatan kesejahteraan sosial, Pemkot Denpasar juga telah menyalurkan berbagai bantuan, baik dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Bali dan Pemkot Denpasar sendiri. Mulai dari BLT Dana Desa, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Sosial Tunai (BST), BLT APBD Kota Denpasar, serta pembuatan Dapur Umum.

“Tentu kami berharap tahapan selanjutnya yakni Wawancara dapat berjalan lancar dan Kota Denpasar dapat ditetapkan sebagai Penerima Anugerah Tangguh Adhiwirasana kategori Wira Sandya Laksana,” harapnya. (bs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *