KMHDI BULELENG BUKA LAPAK PRELOVED

Kumpulkan Dana Bantu Korban Banjir di Kalteng

BULELENG – Aksi sosial penggalangan dana untuk korban banjir di Kalimantan Tengah dilakukan serentak oleh KMHDI se-Bali. Koordinator Aksi Sosial PC KMHDI Buleleng, Komang Putrayasa, menjelaskan bahwa selama ini banyak masyarakat yang menyumbangkan pakaian bekas tapi layak pakai untuk korban bencana. Namun tidak pernah sampai di tempat bencana karena biaya kirim yang cukup tinggi, terutama di daerah luar Bali.

Karena itu, kata dia, tercetuslah ide untuk menjual pakaian preloved tersebut. Uang hasil penjualannya akan disalurkan kepada para korban. Harga pakaian dijual dengan harga kisaran lima ribu sampai sepuluh ribu rupiah. Promosi juga dilakukan secara online dengan memanfaatkan akun media sosial resmi PC KMHDI Buleleng dan akun media sosial seluruh kader PC KMHDI Buleleng.

“Di luar ekspektasi, banyak pembeli yang memborong pakaian tersebut,” jelas Putra.

Sementara Ketua PC KMHDI Buleleng, Ni Luh Sinta Yani, menuturkan, kegiatan buka lapak preloved untuk donasi korban bencana menjadi terobosan baru dalam penggalian dana. Sebelumnya, aksi penggalangan dana hanya dilakukan dengan turun di jalan membawa kotak donasi dan melalui transfer ke rekening.

Selain itu, aksi sosial ini sangat didukung penuh oleh Perumda Pasar Argha Nayottama, sehingga tidak dikenakan biaya retribusi untuk berjualan. “Ini bentuk nyata pengimplementasian jati diri KMHDI yakni humanis dan progresif,” ujar Sinta.

Harapannya, dana yang sudah terkumpulkan dapat bermanfaat bagi korban bencana banjir, serta penyalurannya bisa tepat sasaran. (bs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *