NY. SAGUNG ANTARI JAYA NEGARA SERAHKAN BANTUAN MESIN SPINNER PENIRIS MINYAK KEPADA 3 IKM

DENPASAR – Ketua Dekranasda Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara, didampingi Wakil Ketua Dekranasda Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristin Wibawa, menyerahkan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) dari Bank Pembangunan Daerah Bali dalam bentuk mesin spinner peniris minyak kepada 3 Industri Kecil Menengah (IKM) di Kelurahan Penatih, Jumat (26/3/2021).

Dalam kesempatan itu, Ny. Sagung Antari mengatakan, pandemi seperti saat ini hanya industri olahan pangan yang masih menjanjikan. Untuk itu, Dekranasda Kota Denpasar bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar membantu IKM yang ada di Kota Denpasar untuk membantu meningkatkan produksinya.

“Untuk itu, kami dari Dekranasda tergerak untuk membantu IKM agar mendapatkan bantuan CSR berupa mesin spinner peniris minyak, supaya mereka bisa meningkatkan hasil produksinya,” ungkap Ny. Sagung Antari Jaya Negara.

Menurutnya, hasil olahan atau produksi IKM yang ada di Kota Denpasar dari segi rasa dan kualitasnya sudah bagus. Dengan adanya bantuan mesin spinner peniris minyak maka kualitasnya bisa lebih kering. Dengan demikian produksi olahannya bisa bertahan lebih lama. Dengan demikian mereka akan bisa memproduksi lebih banyak dan memperluas pemasarannya.

Lebih lanjut Ny. Sagung Antari mengatakan, jika hasil olahan pangannya garing, maka kualitasnya juga akan bertahan lebih lama dari sebelumnya. Untuk itu, Ny. Sagung Antari mengharapkan kepada IKM agar menfaatkan alat ini dengan bagus. Ny. Sagung Antari juga berpesan jika ada IKM lain yang mau meminjam supaya IKM yang sudah mendapatkan bantuan mesin bersedia berbagi. “Saya harapkan alat ini dimanfaatkan jangan sampai di diemkan begitu saja,” harap Ny. Sagung Antari.

Kepala Cabang Utama Denpasar BPD Bali, Putu Dharmapatni, mengatakan, BPD Bali selalu melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kota Denpasar. Dalam hal ini, Disperindag Kota Denpasar mengajukan proposal CSR berupa mesin spinner peniris minyak kepada BPD Bali. Dimana alat tersebut untuk membantu meningkatkan produksi IKM binaan Pemkot Denpasar.

“Apabila nanti IKM ada yang membutuhkan bantuan modal usahanya, kita siap membantu memfasilitasi KUR (kredit usaha rakyat) dengan bunga sangat kecil dan kompetitif sebesar 6% setahun atau setara 0.5% per bulan menurun,” jelas Putu Dharmapatni.

Sementara salah satu IKM yang menerima bantuan AA Ngurah Alit Putra mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Denpasar dan BPD Bali karena selalu memberikan pembinaan dan memfasilitasi untuk mendapatkan bantuan mesin spinner peniris minyak dari BPD Bali. Menurutnya, mesin ini sangat dibutuhkan dan sangat penting untuk meningkatkan produksi dan menjaga kualitas produknya. Mengingat hasil olahan produknya saat ini masih menggunakan pengering manual. Sehingga kualitasnya hanya bertahan beberapa hari saja.

“Dengan adanya mesin spinner peniris minyak ini kami bisa memproduksi dengan jumlah yang cukup banyak dan kualitas kegaringan produk kripik bisa lebih kering. Atas bantuan ini saya mengucapkan terima kasih banyak kepada Pemkot Denpasar maupun BPD Bali,” ucapnya. (bs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *