SEKDA ADI ARNAWA TINJAU KESIAPAN PILKEL SERENTAK DI BADUNG

MANGUPURA – Pemilihan perbekel (pilkel) serentak di Kabupaten Badung dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 7 Februari 2021. Guna memastikan kesiapan pelaksanaan pilkel serentak tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Badung, I Wayan Adi Arnawa, melaksanakan peninjauan ke beberapa TPS yang ada di 6 kecamatan, Sabtu (6/2/2021).

Turut mendampingi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), diantaranya Kapolres Badung AKBP Roby Septiadi, Dandim 1611/Badung Kolonel Inf. I Made Alit Yudana dan Kepala Kejaksaan Negeri Badung I Ketut Maha Agung. Hadir juga Kepala Dinas Kesehatan dr. I Nyoman Gunarta, Kepala Dinas Kominfo I Gst Ngr Jaya Saputra, Kasat Pol PP IGAK Suryanegara, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Komang Budi Argawa, Kabag Humas I Made Suardita , Camat di masing-masing wilayah serta dari perangkat daerah terkait lainnya.

Beberapa TPS yang ditinjau yakni TPS 9 Br. Kaja Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, TPS 23 Br. Tegal Gundul Desa Tibubeneng, Kecamatan Kuta Utara, TPS 1 Br. Pengembungan Desa Pererenan, Kecamatan Mengwi, TPS 3 SD 1 Selat Desa Selat, Kecamatan Abiansemal dan TPS 5 Br. Kiadan Desa Pelaga, Kecamatan Petang. Terlihat juga Sekda Adi Arnawa turut mengatur jarak tiap- tiap kursi agar tetap sesuai dengan prokes.

Seusai melakukan peninjauan Sekda Adi Arnawa menyampaikan bahwa kehadirannya bersama Forkopimda turun langsung ke lapangan untuk memastikan persiapan pemilihan perbekel yang dilaksanakan serentak di 34 Desa di Kabupaten Badung tahun ini.

“Hari ini kami bersama Bapak Kapolres, Bapak Dandim dan Bapak Kajari Badung melaksanakan peninjauan terkait kesiapan pelaksanaan pilkel pada hari Minggu besok, terlebih sekarang dalam situasi PPKM sehingga nantinya pilkel ini dapat berjalan dengan demokratis, sehat, aman dan lancar,” katanya.

Terkait dengan hasil peninjauan, pejabat asal Pecatu ini menilai bahwa secara umum kesiapannya sudah bagus, sesuai dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) terutamanya sudah disiapkan bilik khusus kepada masyarakat yang kemungkinan suhu tubuhnya diatas 37 derajat yang nantinya akan diarahkan di bilik khusus untuk melakukan pencoblosan.

“Yang jelas secara umum panitia di desa serta Pjs. Perbekel dan Camat sudah siap. Hal terpenting kepada panitia semuanya termasuk perangkat yang terlibat dalam pilkel ini untuk jangan bosan memberikan informasi kepada masyarakat agar yang sudah melakukan pencoblosan segera pulang untuk menghindari terjadinya kerumunan,” jelasnya.

Ditambahkan juga sesuai Surat Edaran Bupati, calon Perbekel sesudah selesai mencoblos di TPS undangan masing- masing, harus diarahkan ke kantor desa agar tidak ada bergerombol dan berkerumun di TPS serta pada saat perhitungan suara hanya panitia saja yang boleh ada di TPS.

“Untuk menghindari kerumunan dalam rangka ketaatan pada prokes, besok saat pleno di masing-masing Kantor Desa akan disiarkan secara live streaming oleh Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) desa masing-masing yang difasilitasi langsung oleh Dinas Kominfo dan Bagian Humas Badung,” ungkapnya seraya berharap pengamanan oleh pihak linmas harus dimaksimalkan dan dimanfaatkan. (bs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *