BUPATI GIRI PRASTA TERIMA DUA PENGHARGAAN DARI KPK RI

MANGUPURA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI menggelar acara puncak Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2020 secara fisik dan virtual di Gedung Penunjang KPK, Rabu (16/12/2020). Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara puncak Hakordia 2020 secara virtual dari Istana Kepresidenan didampingi Menko Polhukam Mahfud MD dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Peringatan Hakordia tahun 2020 dengan tema “Membangun Kesadaran Seluruh Elemen Bangsa Dalam Budaya Anti Korupsi” ini juga dirangkaikan dengan penyerahan penghargaan kepada instansi dan lembaga negara dari tingkat pusat, provinsi hingga kabupaten/kota, sebagai bentuk apresiasi KPK, atas upaya dan usaha yang dilakukan dalam mencegah terjadinya praktik korupsi.

Pada acara tersebut Pemerintah Kabupaten Badung diganjar dua penghargaan oleh KPK RI. Pertama sebagai instansi dengan pengelolaan LHKPN terbaik tahun 2020 dan yang kedua sebagai salah satu dari 34 daerah peraih DID (Dana Insentif Daerah) untuk Capaian Indeks Pencegahan Korupsi. Penghargaan diserahkan secara langsung oleh KPK RI kepada Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta.

Presiden Jokowi dalam sambutannya menyebutkan, agar pendidikan anti korupsi perlu diperluas untuk melahirkan generasi masa depan yang anti korupsi. Selain itu, kepala negara juga meminta semua lembaga pemerintah untuk meningkatkan transparansi dengan membangun sistem yang menutup peluang terjadinya tindak pidana korupsi. Menurut Jokowi, ini adalah kunci utama.

“Melakukan penyederhanaan proses kerja dan proses pelayanan kepada masyarakat untuk meminimalisir peluang korupsi sekaligus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Ketua KPK RI, Firli Bahuri, mengatakan, KPK bertekad untuk memperkuat komitmen dan kerja sama antar pemangku kepentingan dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi di Indonesia. “Memperluas keterlibatan masyarakat secara aktif dalam sosialisasi nilai-nilai anti korupsi, sehingga dapat meningkatkan pemahaman, termasuk dalam gerakan-gerakan pencegahan korupsi. Dengan demikian, diharapkan budaya anti korupsi akan tumbuh kembang di seluruh elemen masyarakat dan anak bangsa,” katanya.

Sementara itu Bupati Badung Nyoman Giri Prasta seusai acara, menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi dan KPK atas dua penghargaan yang diterima oleh Pemkab Badung. “Kami menyampaikan terima kasih kepada Bapak Presiden dan KPK RI, karena dalam acara puncak Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2020 ini, Pemkab Badung mendapat apresiasi dan diberikan dua penghargaan sekaligus. Ini bukti Pemkab Badung memiliki komitmen yang tinggi untuk senantiasa menjaga terselenggaranya tata kelola pemerintahan yang baik khususnya dalam mencegah terjadinya praktik korupsi,” ujarnya.

Giri Prasta menambahkan selama ini seluruh OPD yang ada di lingkungan Pemkab Badung sudah menerapkan standar tertinggi terhadap etika dan tingkat integritas oleh seluruh insan dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya. “Selaku kepala daerah kami bertindak proaktif untuk dapat mencegah dan menghindari perilaku yang koruptif dalam bentuk apapun, termasuk gratifikasi dengan pendekatan tanpa toleransi (zero tolerance),” tegasnya. (bs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *