KOMISI III DPRD BALI TINJAU LAMPU PENERANGAN JALAN UMUM JL. IDA BAGUS MANTRA

KLUNGKUNG – Ketua dan Anggota Komisi III DPRD Provinsi Bali melakukan peninjauan terhadap Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) di Jalan Raya Prof. Dr. Ida Bagus Mantra, Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung, Selasa (30/6).
Rombongan diterima oleh Agung Oka selaku Kasi Lalulintas Balai Pengelolaan Transportasi Darat (BPTD Wilayah XII Bali-NTB beserta dengan Staf.
Dalam kesempatan tersebut, pihak BPTD menjelaskan bahwa pengawasan dan pemeliharaan LPJU sepanjang Jalan Prof. Dr. Ida Bagus Mantra merupakan kewenangan dari pusat. Namun selama 20 tahun sejak CSR dari Austalia, tidak pernah ada pemeliharaan. Akibatnya semua jaringan lampu rusak.
Menurutnya, baru di tahun 2018, untuk pengawasan dan pemeliharaan LPJU Jalan Prof. Dr. Ida Bagus Mantra kemudian diserahkan oleh pusat kepada BPTD Wilayah XII Bali-NTB.
Dikatakan juga bahwa pihak BPTD Wilayah XII Bali-NTB sudah mengeluarkan anggaran sebanyak Rp 2,5 miliar untuk perbaikan LPJU. Dengan rincian, tahun 2018 dan 2019 masing-masing Rp 500 juta untuk anggaran perbaikan jaringan. Kemudian di tahun 2020 sebesar Rp 1,5 miliar untuk anggaran perbaikan lampu yang sebelumnya menggunakan lampu merkuri diganti menjadi lampu LED. Namun baru bisa terpenuhi sebanyak 192 titik. Untuk sisanya sudah diusulkan di anggaran perubahan tahun 2020 sebesar Rp 13,5 miliar oleh BPTD Wilayah XII Bali-NTB.
Ketua Komisi III DPRD Bali, IGA Diah Werdhi Srikandi WS, mengatakan, Komisi III memberikan dukungan kepada BPTD Wilayah XII Bali-NTB dengan akan membuatkan surat rekomendasi sebagai penguat pengajuan anggaran yang diusulkan oleh BPTD ke Pusat. Karena mengingat jalur Jalan Raya Prof. Dr. Ida Bagus Mantra ini sangat diperlukan sekali adanya LPJU. Selain itu Komisi III DPRD Bali juga akan berkoordinasi dengan Balai Jalan untuk merapikan pohon-pohon yang rindang di sepanjang Jalan Prof. Dr. Ida Bagus Mantra yang bisa menutupi Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU). (bs)

Ketua Komisi III DPRD Bali, IGA Diah Werdhi Srikandi WS (baju merah), saat meninjau lampu penerangan jalan umum di Jl. Ida Bagus Oka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *