INI KESIAPAN BALI HADAPI WABAH VIRUS CORONA

DENPASAR – Provinsi Bali benar-benar menyiapkan diri secara baik untuk mengantisipasi penyebaran virus corona di daerah wisata ini. Dinas Kesehatan Provinsi Bali juga menegaskan, 7 kasus dengan gejala demam, batuk, dan memiliki riwayat perjalanan ke luar menunjukkan gejala klinis membaik. Itu disampaikan Kadis Kesehatan Bali, dr. Ketut Suarjaya, dalam rilis pres, Selasa (3/3/2020).

Dalam rilis tersebut ditegaskan, sampai saat ini di Provinsi Bali belum ditemukan kasus positif Covid-19.  Kasus yang ditangani dengan gejala-gejala demam, batuk, pilek dan memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri berjumlah 29 orang, dengan rincian 22 kasus hasil pemeriksaan laboratorium negatif Covid-19. Sementara 7 kasus masih menunggu hasil laboratorium, di mana kasus tersebut sudah menunjukkan gejala klinis membaik. 

Dijelaskan, Provinsi Bali telah memiliki sistem mitigasi yang sesuai dengan standar WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) yaitu RSUP Sanglah dengan 4 ruang isolasi dan ruangan lain yang terstandar dengan 18 tempat tidur. RSUD Sanjiwani Gianyar ada 1 ruang isolasi dan ruang lain yang terstandar dengan 10 tempat tidur. RSUD Tabanan dengan 2 ruang isolasi dan ruangan lain yang terstandar dengan 7 tempat tidur. Menunjuk RS PTN UNUD sebagai tempat isolasi jika terjadi peningkatan kasus. 

Sementara Bandara I Gusti Ngurah Rai telah melakukan screening di pintu masuk dengan pemantauan kedatangan wisatawan melalui thermo screening. Setiap penumpang yang terdeteksi mengalami demam akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut di ruang isolasi yang terstandar dan bila perlu dirujuk ke RSUP Sanglah.

Suarjaya mengharapkan masyarakat tidak panik dan tetap tenang, karena Pemerintah Provinsi Bali telah memiliki sistem yang memadai dengan standar WHO. Menurutnya, mengingat Bali sebagai destinasi wisata terbaik di dunia, Gubernur I Wayan Koster dan Wakil Gubernur Bali, Cok Oka Artha Ardhana Sukawati,  memberikan perhatian khusus dengan mengunjungi kesiapan RSUP Sanglah dan Bandara I Gusti Ngurah Rai pada Selasa, 3 Maret 2020.

Pada kunjungan tersebut Gubernur dan Wakil Gubernur menyaksikan langsung penanganan pasien di  RSUP Sanglah telah berjalan baik dan pasien menunjukkan kondisi yang semakin membaik.  Di Bandara I Gusti Ngurah Rai pelaksanaan pemantauan terhadap wisatawan yang masuk sudah sesuai dengan SOP. Kadis Kesehatan Bali juga mengeluarkan imbauan untuk wisatawan. Yakni sebelum berkunjung ke Bali agar mereka memastikan diri dalam kondisi sehat dengan melakukan pemeriksaan kesehatan. “Untuk kebaikan kita bersama pastikan diri anda sehat agar dapat menikmati keindahan alam dan budaya Pulau Dewata,” ujarnya. (bs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *