SMKN 2 Negara Gelar Ujian Kompetensi dan Keahlian dengan Libatkan Penguji Dari Dunia Usaha

JEMBRANA – SMA 2 Negara melaksanakan ujian kompetensi dan keahlian dengan melibatkan penguji eksternal dari dunia usaha. Ujian kompetensi dan keahlian tersebut dilaksanakan di SMKN 2 Negara pada 22-29 April 2024.

Sebanyak 30 siswa SMKN 2 Negara mengikuti ujian kompetensi dan keahlian tersebut. Mereka berasal dari Jurusan Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan.

Salah seorang penguji eksternal dalam kegiatan tersebut, Eka Sabara, mengungkapkan, sektor perikanan di Kabupaten Jembrana memiliki potensi yang cukup signifikan. Oleh karena itu, penyiapan sumber daya manusia harus dilakukan secara baik. “Harus disiapkan kader kader mandiri dalam sektor perikanan,” kata Eka Sabara, pekerja di salah satu pabrik pengalengan ikan ini.

Ia menilai, SMKN 2 Negara merupakan sekolah unggulan dengan berbagai jurusan yang ada, yang mampu menyiapkan lulusannya untuk diserap di berbagai sektor lapangan pekerjaan secara mandiri.

“Jurusan Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan merupakan salah satu jurusan yang cukup favorit di SMKN 2 Negara karena Jembrana merupakan sebagai penghasil perikanan dan berbagai industri perikanan telah ada sejak tahun 1980-an silam di kabupaten,” ungkap Eka Sabara, yang juga budayawan ini.

Hasil produk para siswa yang mengikuti ujian kompetensi dan keahlian kali ini cukup bervariasi, yaitu surimi ikan, nugget ikan, dan bakso ikan. “Dan dari segi kualitas maupun rasa serta kandungan gizinya cukup baik untuk dikonsumsi karena berbahan dasar ikan,” tambahnya.

Dikatakan, kerjasama SMKN 2 Negara dengan melibatkan dunia usaha/industri dalam bentuk penguji eksternal, merupakan satu langkah terobosan yang jitu. Bagaimana nantinya para lulusan tersebut mampu mengisi penyerapan ketenagakerjaan dalam sektor tersebut, atau istilah umumnya “sudah siep kerje“. (bs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *