Polisi Diminta Tips Bagaimana Cegah KDRT

BULELENG – Warga meminta polisi memberikan tips bagaimana mencegah kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Permintaan warga tersebut mengemuka dalam acara Jumat Curhat yang digelar Polres Buleleng di Balai Banjar Adat Liligundi, Jl. Mayor Metra, Kelurahan Liligundi, Buleleng, Jumat (17/3/2023).

Jumat Curhat dipimpin Waka Polres Buleleng, Kompol Yusak Agustinus Sooai, SIK, mewakili Kapolres Buleleng AKBP I Made Dhanuardana, S.I.K., M.H. Ikut mendampingi beberapa Pejabat Utama Polres Buleleng. Jumat Curhat juga dihadiri Lurah Liligundi, toga, tomas, pecalang, ibu-ibu PKK dan beberapa kepala sekolah TK dan SD dan masyarakat Kelurahan Liligundi.

Beberapa curhatan disampaikan masyarakat Liligundi. Di antaranya tips atau saran/tindakan untuk mencegah terjadinya kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Ada juga yang curhat mengenai penerangan lampu jalan yang tertutup pepohonan sehingga pada malam hari suasana jalan menjadi gelap. Hal itu dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan. Juga ada yang menyampaikan masalah parkir yang tidak tertata rapi di Pasar Buleleng. Serta ada permintaan bantuan pengamanan pada saat pelaksanaan upacara keagamaan atau adat.

Menanggapi curhatan masyarakat Liligundi, terutama permintaan tips atau saran atau tindakan untuk mencegah KDRT, Waka Polres mengajak agar semua keluarga menguatkan iman dan takwa kepada Tuhan Hyang Maha Esa. Untuk pasangan suami istri agar saling memberi kepercayaan dan melakukan komunikasi dengan baik. “Bilamana terjadi permasalahan, mari sayangi keluarga kita untuk menjadi keluarga yang harmonis penuh kebahagiaan,” ucapnya.

Sementara terhadap penerangan lampu jalanan yang tertutup dengan ranting pohon, sehingga membuat gelap di jalan pada malam hari yang dapat mengakibatkan terjadinya kecelakaan lalu lintas, Waka Polres mengatakan, akan koordinasi kepada pihak terkait untuk segera ditindak lanjuti.

“Sedangkan untuk parkir yang semrawut di Pasar Buleleng, nanti akan dikoordinasikan kepada pihak PD Pasar dan bersama-sama menata kembali parkir yang ada sehingga tidak mengganggu pengguna jalan yang lain,” jelas Waka Polres Kompol Yusak.

Sedangkan untuk pengamanan saat hari keagamaan maupun adat, disilahkan warga mengajukan pemberitahuan ke Polsek. “Bilamana memerlukan personel tambahan nanti akan dilibatkan personel Polres Buleleng, terutama personel Lantas untuk dapat mengatur lalu lintas sehingga semuanya dapat berjalan dengan baik dan lancar,” tambahnya.

Di ujung acara, ada penyerahan bantuan berupa alat penerangan di jalan (senter) dan rompi kepada pecalang Desa Adat Liligundi guna dapat dipergunakan sesuai peruntukan serta penyerahan puluhan sembako kepada masyarakat lansia yang tidak mampu. (bs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *