PDI Perjuangan Buleleng Gelar Masak Ikan untuk Ibu-Ibu Hamil

  • Serangkaian Peringatan HUT Ke-50 PDI Perjuangan dan HUT Ke-76 Megawati Soekarnoputri

BULELENG – Serangkaian peringatan HUT ke-50 PDI Perjuangan dan HUT ke-76 Megawati Soekarnoputri, PDI Perjuangan Buleleng menggelar masak ikan di Pusat Kuliner Pantai Penimbangan, Senin (23/1/2023). Masakan ikan tersebut dipersembahkan kepada ibu-ibu hamil dan anak-anak.

Ketua DPC PDI Perjuangan Buleleng, Putu Agus Suradnyana, menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan pelaksanaan dari instruksi DPP PDI Perjuangan. “Kita melaksanakan kegiatan dalam rangka memperingati HUT ke-50 PDI Perjuangan. Ada beberapa penekanan kegiatan, terutama dalam bidang kesehatan, untuk memenuhi kecukupan gizi masyarakat,” kata Agus Suradnyana.

Dijelaskan, dalam berbagai kesempatan, baik formal maupun nonformal, Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, selalu mengajarkan bagaimana mendapatkan makanan bergizi yang ada di sekitar. Menurut Agus Suradnyana, banyak makanan bergizi di sekitar kita.

“Jadi begitu keinginan Ibu Mega, bagaimana ketahanan pangan di negara kita sendiri, tidak tergantung pada pangan dari luar negeri. Itu keinginan Ibu Mega secara garis besar. Tapi untuk di daerah kita melihat kearifan lokal kita, apa yang ada di Buleleng,” jelas mantan Bupati Buleleng dua periode ini.

Dikatakan, pada HUT ke-50 PDI Perjuangan yang dimasak ikan laut, karena di daerah Buleleng ini pesisir pantainya panjang, dengan potensi ikan laut yang melimpah. “Kokinya kita-kita saja tidak ada orang profesional,” jelas Agus Suradnyana.

Sementara Sekretaris DPC PDI Perjuangan Buleleng, Gede Supriatna, menjelaskan, apa yang dilaksanakan PDI Perjuangan Buleleng ini merupakan Gerakan Hidup Sehat, dengan melaksanakan dapur umum. Masakan ikan laut tersebut diberikan makanan kepada masyarakat, khususnya kepada ibu-ibu hamil dan anak-anak.

“Tujuannya sesuai arahan Ibu Ketua Umum PDI Perjuangan untuk menurunkan kasus stanting di Buleleng. Kegiatan ini dilaksanakan di seluruh DPC di seluruh Indonesia, termasuk di seluruh Bali,” jelasnya.

Ketua Panitia HUT Ke-50 PDI Perjuangan dan HUT Ke-76 Ibu Megawati Soekarnoputri, Dewa Ketut Suardipa, dalam acara Gerakan Hidup Sehat tersebut pihaknya mendahulukan ibu-ibu hamil dan anak-anak untuk datang ke acara ini.

Sesuai dengan tema “Bergandeng Tangan untuk Persatuan dan Goyong-royong”, pada hari ini pihaknya memasak hasil laut, yaitu ikan. Menurutnya, ikan yang dimasak didapatkan (dibeli) dari nelayan langsung.

“Itu tujuannya untuk meningkatkan kehidupan nelayan. Kedua, kami laksanakan kegiatan di pusat kuliner ini untuk meningkatkan UMKM di sini,” jelasnya.

Menurutnya, acara Gerakan Hidup Sehat yang menargetkan dihadiri 300, ternyata dihadiri 500 orang. (bs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *