Gelar FGD Program 2024, Undiksha Siapkan Lima Program Prioritas

JAKARTA – Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) menggelar Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Program dan Penetapan Alokasi Anggaran Tahun 2024 di Jakarta pada 2 sampai 4 Desember 2022. Melalui agenda tahunan ini, Undiksha menetapkan lima program prioritas untuk direalisasikan dalam rangka mencapai sejumlah target, salah satunya menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH).

FGD yang dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama Undiksha, Dr. Gede Rasben Dantes, S.T., M.T.I., ini diikuti oleh para Wakil Rektor, Kepala Biro, Ketua Lembaga, dan jajaran pimpinan fakultas/pascasarjana, SPI, dan SP4. Dalam paparan Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd., yang disampaikan oleh Wakil Rektor Rasben Dantes dijelaskan mengenai isu dan arah pembangunan pendidikan tinggi yang sekaligus masih menjadi tantangan, yaitu penguatan mutu dan relevansi pendidikan tinggi, penguatan mutu dosen dan tenaga kependidikan, penguatan sistem tata kelola Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, dan reformasi digital di semua aspek layanan pendidikan.

Empat hal tersebut menjadi acuan Undiksha dalam penyusunan program dan pelaksanaan operasional tahun 2024. Program tersebut, yaitu penguatan sumber daya manusia, penguatan sarana prasarana, student body, penguatan kurikulum, dan pendidikan karakter. Lima program ini sebagai upaya untuk menjawab target capaian, yaitu Undiksha menjadi PTN-BH, akreditasi internasional, dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Mandiri. Selain itu juga dapat meningkatkan capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi dan mewujudkan Undiksha sebagai International Reputable University in Education and Leadership (IRUEL).

Secara khusus, Undiksha juga berupaya meningkatkan kualitas tata kelola setiap bidang, baik bidang akademik dan kerjasama, bidang perencanaan, perencanaan, keuangan, dan sumber daya, serta bidang kemahasiswaan. Langkah-langkah strategis yang dirancang ini diharapkan dapat mempercepat terwujudnya visi Undiksha, yaitu Menjadi Universitas Unggul Berlandaskan Falsafah Tri Hita Karana di Asia pada Tahun 2045.

Sebagai perguruan tinggi yang sedang berkembang, Undiksha telah berhasil meraih berbagai prestasi tingkat nasional. Di antaranya, di tahun 2022, dalam pemeringkatan webomatrics, Undiksha berada pada peringkat 35 di Indonesia dan peringkat satu untuk perguruan tinggi di Bali. Tahun 2021 dan 2022, Undiksha berada di peringkat 11 nasional dalam pemeringkatan Scimago Institution Rangking, tahun 2022, berdasarkan data pencapaian IKU tahun 2021, Undiksha berada di urutan ke-8 dari 33 PTN Badan Layanan Umum.

Selain itu, pada tahun 2021, Undiksha menerima penghargaan terbaik pertama untuk Nilai Kerja Anggaran dan juga terbaik ketiga untuk Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), dan terdapat sejumlah prestasi lainnya yang ditorehkan mahasiswa, baik tingkat nasional maupun internasional.

Pada kesempatan ini, Rasben Dantes juga menyampaikan pesan Rektor, I Nyoman Jampel, yang akan mengakhiri masa jabatan periode keduanya pada April 2023 mendatang. Pesannya, agar civitas akademika Undiksha selalu menjaga kebersamaan dan keharmonisan yang sudah terbangun saat ini.

Selain itu, terus berbenah untuk mengantarkan Undiksha menjadi universitas unggul dan berdaya saing serta selalu mampu menghasilkan SDM unggul yang memiliki kompetensi yang baik dan juga berkarakter kuat. (bs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *