Kapolda Bali Resmikan Polsek Busungbiu dan Pos Polisi Lovina

BULELENG – Kapolda Bali, Irjen Pol. Drs. Putu Jayan Danu Putra, S.H., M.Si., meresmikan gedung Polsek Bususngbiu, Buleleng, Kamis (24/11/2022). Orang nomor satu di jajaran kepolisian Bali tersebut juga meresmikan Pos Polisi Lovina.

Kedatangan Kapolda Bali Irjen. Pol. Drs. Putu Jayan Danu Putra, S.H., M.Si., ke Polsek Busungbiu yang didampingi Pejabat Utama Polda, disambut Kapolres Buleleng, AKBP I Made Dhanuardana, S.I.K., M.H.

Pembangunan gedung Polsek Busungbiu dan Pos Lovina merupakan upaya revitalisasi untuk mendukung pelayanan publik dan tugas kepolisian yang komplek. Bangunan Polsek Busungbiu berdiri di atas lahan seluas 10,4 are dengan luas bangunan 311 m2.

Pembangunan gedung tersebut dilaksanakan selama 180 hari, mulai 14 Mei 2022 sampai dengan 9 November 2022. Dana pembangunan Polsek Busungbiu bersumber dari Dipa Polres Buleleng T.A. 2022, sebesar Rp 3.451.321.000.

Sedangkan Pos Polisi Lovina dibangun di atas tanah pinjam pakai dari Desa Adat Banyualit seluas 250 m2, yang dilengkapi dengan ruang informasi, ruang pengaduan, ruang piket jaga dan TMC, smoking area, toilet, ruang istirahat dan garasi kendaraan dinas.

Pembangunan Pos Polisi Lovina dilaksanakan selama 45 hari, mulai 11 September 2022 sampai dengan 27 Oktober 2022 dengan menggunakan dana hibah dari pemerintah Kabupaten Buleleng sebesar Rp 285.000.000.

Kapolda Bali, Irjen Pol. Drs. Putu Jayan Danu Putra mengharapkan agar pembangunan yang sudah ada ini agar tetap dipelihara dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh seluruh personel sehingga dapat mendukung upaya penguatan Polsek dan Polres sebagai lini terdepan pelayanan Polri. Serta meningkatkan stabilitas kamtibmas di wilayah Kabupaten Buleleng.

“Ucapan terimakasih disampaikan kepada Koperasi Unit Desa Nusa Partha yang telah mengibahkan tanah ke pihak Kepolisian Republik Indonesia. Sekarang berdiri bangunan Polsek Busungbiu, dan juga terimakasih kepada Desa Adat Banyualit yang telah membantu menyukseskan pembangunan gedung Pos Polisi Lovina, dan kepada Pemerintah Kabupaten Buleleng serta semua unsur lain yang telah membantu dalam pelaksanaan pembangunan,” ucap Kapolda.

“Akhirnya pada hari ini Kamis tanggal 24 Desember 2022, Gedung Polsek Busungbiu dan Pos Polisi Lovina Polres Buleleng ini dinyatakan diresmikan,” ujarnya.

Untuk kantor Polsek Busungbiu yang lama, Kapolda mempersilahkan untuk digunakan sebagai gedung pertemuan Sipandu Beradat.

Sementara Kapolres Buleleng, AKBP I Made Dhanuardana, menyampaikan, bahwa bangunan Polsek Busungbiu yang lama lahan tanah dan bangunannya sempit, sehingga kurang repersentatif, dan tidak layak digunakan untuk pelayanan publik. Karena itu, diperlukan bangunan Polsek yang memadai.

Setelah peresmian gedung Polsek Busungbiu, kemudian dilaksanakan bakti sosial dengan memberikan sembako kepada 20 warga Desa Kekeran. Setelah itu, Kapolda Bali dan Pejabat Utama serta Kapolres Buleleng meninjau langsung Pos Polisi Lovina. (bs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *