Bhabinkamtibmas Desa Patas Selesaikan Perselisihan Dua Warga dengan Sipandu Beradat

BULELENG – Karena kesalahpahaman membuat dua warga Banjar Dinas Yeh Biu, Desa Patas cekcok. Kejadian tersebut membuat Bhabinkamtibmas Desa Patas Aiptu Komang Artana harus turun tangan untuk menyelesaikannya.

Dua warga yang berselisih paham itu yakni Kadek Purnawirawan, 25 tahun, alamat Banjar Dinas Kaja Kangin, Desa Bondalem, Kecamatan Tejakula dan AA Ayu Putri, kelahiran 2010, alamat Banjar Dinas Yehbiu, Desa Patas, Kecamatan Gerokgak.

Dengan tindakan yang cepat, Bhabinkamtibmas Desa Patas mengajak aparat desa setempat, yaitu Kelian Banjar Dinas Yeh Biu Kadek Rudi Hartawan dan I Wayan Surata yang mewakili tokoh adat, memanggil kedua belah pihak yang memiliki masalah untuk dapat diselesaikan dengan cara musyawarah mupakat melalui Sipandu Beradat.

Penyelesaian permasalahan dilaksanakan pada Kamis, 4 Agustus 2022, pukul 17.00 Wita dengan kesepakatan saling menyadari kesalahan masing-masing serta menyampaikan permintaan maaf.

Penyelesaian kesepakatan perdamaian dituangkan dalam bentuk surat pernyataan yang ditandatangani kedua belah pihak dan diketahui pihak terkait yang tergabung dalam Sipandu Beradat.

Bhabinkamtibmas Desa Patas, atas seizin Kapolsek Gerokgak, Kompol Suaka, S.H., menyampaikan, sebisa mungkin setiap permasalahan yang ringan dapat diselesaikan dengan musyawarah mufakat untuk jalan yang terbaik bagi kedua belah pihak dengan Sipandu Beradat. Di dalamnya ada unsur Bhabinkamtibmas, Babinsa, aparat desa dan tomas serta toda, maka permasalahan yang disepakati kedua belah pihak akan dapat diselesaikan di luar proses hukum. (bs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *