Badan Kesbangpol Buleleng Bersama FPK Studi Komparasi ke Pemkab Kulon Progo DIY

BULELENG – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik(Kesbangpol) Kabupaten Buleleng Provinsi Bali bersama Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Buleleng melakukan kunjungan Studi Komparasi ke Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Senin (7/2/2022).

Rombongan dari Badan Kesbangpol Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Buleleng dan FPK Buleleng itu dipimpin Kepala Bidang (Kabid) Kewaspadaan Nasional, Dewa Ketut Sura Wijaya, SH, MM, mewakili Plt. Kepala Badan Kesbangpol Buleleng, Ni Made Rousmini, S.Sos MAP, didampingi Kabid Pengembangan Nilai-Nilai Kebangsaan Ni Nyoman Widiartami, SH, MAP, serta tampak juga dalam rombongan Ketua FPK Buleleng Ida Bagus Lilik Sudirga Raka,SE, pengurus lainnya beserta anggota.

Rombongan dari Badan Kesbangpol Buleleng Bali dan FPK diterima Sekretaris Badan Kesbangpol Kabupaten Kulon Progo Suryantoro, S.IP, didampingi Kabid Wasnas Elda serta dari Pengurus FPK adalah Monang, Fery dan Yani, di Ruang Balai Agung Kantor Bupati Kulon Progo.

Dalam kesempatan itu, Kabid Kewaspadaan Nasional Dewa Ketut Sura Wijaya mewakili Plt Kaban Kesbangpol Buleleng, Ni Made Rousmini, S.Sos, MAP, mengatakan, tujuan kunjungan studi komparasi rombongan dari Bali utara, Buleleng ke Pemkab Kulon Progo adalah untuk mencari masukan terkait program kerja serta sinergitas kerjasama yang sudah dan akan dilaksanakan bersama FPK.

“Intinya sharing saling isi mengisi kedua belah pihak untuk kemajuan lembaga dan organisasi kemasyarakatan seperti FPK ini,” ujarnya.

Dia menambahkan, Kabupaten Buleleng merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Bali yang ibu kotanya Singaraja memiliki jumlah penduduk 826.000 jiwa, dengan luas wilayahnya 1.365,8 km2, hampir sepertiga luas wilayah pulau Bali. “Kabupaten Buleleng terdiri dari 9 kecamatan, 149 desa dengan panjang pantai kurang lebih 157 km. Selain memiliki potensi bidang pertanian, perkebunan dan perikanan, Buleleng juga memiliki potensi pada sektor pariwisata,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Badan Kesbangpol Kulon Progo, Suryantoro, dalam sambutannya menyampaikan selamat datang dan terimakasih kepada rombongan dari Buleleng, Bali yang telah berkunjung kedaerahnya. “Kehadiran rombongan, bagi kami merupakan hal yang positif, dimana daerah kami bisa dikenal,” ujarnya.

Kabupaten Kulon Progo dengan ibu kotanya Wates memiliki luas wilayah 586,28 km2 terdiri dari 12 kecamatan dan 88 desa/kelurahan memiliki jumlah penduduk 437.441 jiwa.

Pertemuan yang penuh keakraban itu, diwarnai dengan tanya jawab yang mengarah kepada upaya menyukseskan program Badan Kesbangpol maupun kemajuan organisasi FPK. (bs/r)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *