Sekda Adi Arnawa Kukuhkan Listibiya Badung

MANGUPURA – Pembangunan adat dan budaya menjadi salah satu prioritas Pemerintah Kabupaten Badung. Salah satu kebijakan yang diambil oleh Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta, dalam upaya pelestarian adat dan budaya yang bernafaskan agama Hindu di Kabupaten Badung, dengan menghidupkan kembali Majelis Pertimbangan dan Pembinaan Kebudayaan (Listibiya).

Sekda Badung Adi Arnawa mewakili Bupati Badung, pada Rabu (2/2/2022) mengukuhkan Listibiya Kabupaten Badung masa bakti 2021-2026 di Ruang Kertha Gosana Puspem Badung. Turut hadir Kadis Kebudayaan I Gde Eka Sudarwitha, Ketua Madya Majelis Desa Adat Kabupaten Badung Anak Agung Putu Sutarja, Ketua Listibiya Badung I Gusti Ngurah Artawan beserta pengurus dan seluruh anggota Listibya Kabupaten Badung.

Sekda Badung Adi Arnawa dalam sambutannya berharap, dengan pembentukan kepengurusan yang baru ini, Listibiya Badung harus segera melakukan pemetaan terhadap seni-seni yang ada di Kabupaten Badung yang memang perlu dilestarikan dan disakralkan. Dikatakan bahwa kekuatan pariwisata yang ada di Bali dan di Badung adalah pada aspek seni dan budaya, sudah saatnya beberapa seni-seni yang sifatnya itu sakral atau yang mungkin selama ini memberikan manfaat untuk kepariwisataan di Bali dan Badung ini yang perlu dijaga, dilestarikan dan disosialisasikan kepada generasi muda. Karena bagaimanapun juga seni budaya ini tidak boleh mandek ataupun dilupakan, harus tetap dinamis.

“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Badung berharap bahwa dengan komitmen Bapak Bupati Badung yang begitu mendukung dan memperhatikan terhadap pelaksanaan seni budaya yang ada di Badung ini, tentu ini harus dijaga dengan baik dan penuh perhatian dengan cara bekerja dengan maksimal dalam rangka untuk menjaga seni budaya yang ada di Kabupaten Badung. Mudah- mudahan dengan kepengurusan yang baru ini, dengan program- program yang akan dicanangkan nanti, apa yang menjadi keyakinan pemerintah Kabupaten Badung ini dalam menjaga dan melestarikan seni budaya di Kabupaten Badung bisa benar-benar dilakukan oleh Kepengurusan Listibiya periode 2021-2026 ini,” harapnya.

Sementara itu Ketua Listibiya Badung, I Gusti Ngurah Artawan, menyampaikan terima kasih kepada Sekda Badung yang telah mengukuhkan kepengurusan Listibiya Kabupaten Badung berjumlah 60 orang yang terdiri dari Dewan Penasehat, Pengurus dan Tim Kreatif. Listibiya ini merupakan kumpulan-kumpulan para seniman-seniman di Kabupaten Badung tergabung dalam sebuah organisasi yang bertanggung jawab langsung kepada Bapak Bupati, dan organisasi ini dibentuk langsung oleh Bapak Bupati. Dalam pelaksanaan kesehariannya ini berkolaborasi langsung dengan Dinas Kebudayaan terutamanya bidang kesenian.

“Program-program yang sudah kita laksanakan diantaranya Pelestarian, Pembinaan dan Pengembangan Kebudayaan, ini merupakan wujud kami mendukung program pemerintah Kabupaten Badung. Apapun bentuknya dalam bidang seni kita selalu siap membackup Kabupaten Badung dalam pelestarian, pembinaan dan pengembangan kebudayaan,” ungkapnya. (bs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *