KNPI Apresiasi Bawaslu Buleleng Libatkan Pemuda dalam Pengawasan Partisipatif

BULELENG – Ketua DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Buleleng, I Putu Gede Parma, mengapresiasi upaya Bawaslu Kabupaten Buleleng yang melibatkan peran pemuda dalam pengawasan partisipatif. Apresiasi tersebut disampaikan Gede Parma dalam rapat di Kantor Sekretariat Bawaslu Kabupaten Buleleng, Senin (15/11/2021).

“Saya sangat mengapresiasi langkah Bawaslu Kabupaten Buleleng dengan melibatkan pemuda dalam pengawasan partisipatif, karena pemuda, khususnya pemuda Buleleng memiliki potensi luar biasa. Jumlah pemuda yang cukup besar akan mampu memberikan pengaruh untuk memastikan proses demokrasi berjalan baik,” ujar Gede Parma.

Dalam rapat yang membahas persiapan pelaksanaan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif, Gede Parma juga mendorong Bawaslu Kabupaten Buleleng memberikan informasi yang detail tentang sejauh mana peran yang bisa dilakukan oleh pemuda sebagai pengawas partisipatif dalam pelaksanaan Pemilu maupun Pemilihan serentak di tahun 2024.

“Nantinya para pemuda harus diberikan informasi detail, terkait perannya nanti sebagai pengawas partisipatif, tentang sejauh mana mereka bisa terlibat dalam proses pengawasannya, dan bila perlu dibuatkan buku saku sebagai panduannya,” ungkap pria yang juga dosen Undiksha Singaraja ini.

Sementara Ketua Bawaslu Kabupaten Buleleng, Putu Sugi Ardana, mengungkapkan pentingnya peran pemuda dalam pengawasan partisipatif. Pemuda sebagai agent of change akan mampu menjadi perpanjangan tangan Bawaslu dalam memastikan proses pemilu/pemilihan berjalan sesuai dengan ketentuan peraturan sehingga melahirkan kualitas demokrasi yang baik dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Pemuda ini punya peran penting, sehingga melibatkan pemuda akan membantu meningkatkan kualitas dari demokrasi. Kita juga ingin mendorong agar pemuda tidak apatis dengan proses politik,” ujar mantan Dekan Fakultas Hukum Universitas Panji Sakti ini.

Di hadapan peserta rapat yang terdiri dari Anggota Bawaslu Kabupaten Buleleng, koordinator Sekretariat dan staf pelaksana, Sugi Ardana berharap kedepan Bawaslu Kabupaten Buleleng dapat menjalin kerjasama dengan KNPI Buleleng sebagai Penggerak Organisasi Kemasyarakatan Pemuda dalam membangun  keterlibatan pemuda dalam pengawasan partisipatif.

“KNPI Buleleng telah memberikan ruang untuk bisa menjalin kerjasama, tentu ini menjadi kesempatan yang sangat baik, Bawaslu Buleleng tentu berharap bisa menjalin kerjasama dengan banyak lembaga terutama dalam upaya meningkatkan pengawasan partisipatif, sehingga proses demokrasi bisa semakin baik,” tutup Sugi Ardana yang mengampu divisi Penangan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten Buleleng. (bs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *