GEMPA BUMI DI KARANGASEM, TIGA MENINGGAL DUNIA

DENPASAR – Gempa bumi dengan magnitudo 4,8 di Kabupaten Karangasem, Bali menyebabkan tiga orang meninggal dunia dan tujuh orang patah tulang. Sejumlah bangunan runtuh dan terjadi longsor di beberapa titik.


Kalak BPBD Provinsi Bali, Made Rentin, dalam rilisnya, Sabtu (16/10/2021) pagi menjelaskan, gempa bumi terjadi pada Sabtu (16/10/2021) pukul 03:18:23 WIB atau 04.18.23 WITA di lintang 8.32 LS dan bujur 115.45 BT, dengan kedalaman 10 KM. Lokasi gempa bumi 8 km barat laut Karangasem, Bali.


Akibat gempa bumi tersebut, kata Rentin, dua orang meninggal dunia di Kabupaten Bangli dan satu orang meninggal dunia serta 7 orang patah tulang di di Kabupaten Karangasem.


“Di Kabupaten Karangasem 1 orang meninggal dunia masih dalam tahap evakuasi dari reruntuhan bangunan. Masih menunggu tim SAR dan 7 orang patah tulang sudah berhasil dievakuasi ke Puskesmas terdekat dan RSUD Karangasem,” paparnya.


Sementara di Kabupaten Bangli, gempa dirasakan kuat selama kurang lebih 5 detik. Masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah.

“Kerusakan masih dalam pendataan BPBD. Dari 5 KK/4 jiwa sempat tertimbun dan berhasil diselamatkan tim serta sudah dievakuasi ke Puskesmas terdekat. Sedangkan 4 jiwa lainnya berhasil menyelamatkan diri masing-masing,” jelasnya.


“Terkait informasi di media online yang mengatakan 4 orang meninggal dunia, tidak dapat dibenarkan informasinya,” tegas Rentin.


Menurutnya, di Bangli, 2 orang meninggal dunia di Puskesmas. Sementara itu, tambah Rentin, jalan menuju TKP terdapat 3 titik longsor dari bukit Abang sehingga evakuasi dilakukan via danau. (bs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *