KOLABORASI DENGAN KEMENPAREKRAF, LSPR INSTITUTE GELAR DIGITAL TOURISM COMPETITION SKALA NASIONAL

JAKARTA – Melengkapi perayaan Dies Natalis ke-29, Program Studi Pariwisata Fakultas Bisnis LSPR Communication and Business Institute berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (KEMENPAREKRAF) sebagai bentuk kepedulian terhadap pariwisata Indonesia. Kick off atau launching dari Digital Tourism Competition 2021 yang bertajuk “Kharisma Event Nusantara” dilaksanakan pada Jumat, 2 Juli 2021 melalui platform digital yakni Zoom dan disiarkan langsung melalui live youtube LSPR Institute.

Launching atau kick-off dari Digital Tourism Competition ini diselenggarakan sebagai bentuk peresmian dari kompetisi skala nasional sehingga diharapkan seluruh pelajar Indonesia dapat mengetahui dan mengikuti kompetisi ini. Kegiatan launching ini dihadiri oleh Ir. Rizki Handayani (Deputy of Tourism Product and Events KEMENPAREKRAF) yang juga sebagai pembicara dalam kegiatan ini. Kemudian Ibu Prita Kemal Gani, MBA, MCIPR, APR (Founder & CEO LSPR Institute) turut hadir memberikan inspirational speech, juga Ibu Yuliana R. Prasetyawati, MM. (Dean of Business Faculty LSPR Institute) memberikan sambutan saat acara dimulai.

Mengajak seluruh insan muda Indonesia untuk turut berpartisipasi dan peduli terhadap pariwisata di Indonesia, khususnya ketika mendapatkan dampak yang sangat signifikan dari pandemi Covid-19, LSPR Institute dan KEMENPAREKRAF berinisiasi untuk membuat sebuah kompetisi digital. Dimana, kompetisi ini mengandalkan kreativitas anak muda melalui foto, video dan ilustrasi digital tentang pariwisata di Indonesia.

Diharapkan melalui kompetisi ini dapat meningkatkan awareness masyarakat dalam membangun kembali pariwisata Indonesia. Juga mempromosikan dan memperkenalkan Pariwisata Event di Indonesia dan memberikan informasi mengenai Fakultas Bisnis di LSPR.

Selain itu juga kompetisi ini merupakan sebuah sarana sosialisasi protokol CHSE dalam penyelenggaraan kegiatan atau event. Utamanya, dengan adanya event ini diharapkan dapat membantu menggerakkan perekonomian nasional yang terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Adapun kompetisi ini diperuntukkan untuk seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) khususnya pelajar SMA/SMK (15-18 tahun). Menggali kreatifitas anak muda untuk pariwisata Indonesia merupakan alasan lain dari berlangsungnya kompetisi ini. Rangkaian kompetisi ini dimulai dari kick off pada tanggal 2 Juli 2021 yaitu pembukaan registrasi melalui link https://bit.ly/REGDigitalTourismCompetition2021 yang kemudian periode lomba berlangsung pada 2 Juli – 6 Agustus 2021, dimana seluruh peserta harus mengunggah karyanya secara digital melalui Instagram masing-masing (pastikan akun Instagram tidak dalam private mode) dan menyampaikan narasinya melalui caption Instagram menggunakan tagar #KharismaEventNusantara2021 #TourismLSPR #LSPRTourismDigitalCompetition2021 dan registrasi akan ditutup pada tanggal 6 Agustus 2021.

Sementara itu, periode penilaian oleh juri berlangsung pada tanggal 9 – 20 Agustus 2021. Termasuk dalam rangkaian ini, pada tanggal 17 Agustus 2021 nanti, 10 besar peserta terbaik yang tergolong dalam 3 kategori akan ditampilkan dalam acara Digital Artspace.Kunsmatrix.com. Dengan demikian, puncak dari rangkaian kegiatan ini akan jatuh pada tanggal 27 Agustus 2021 yakni pada kegiatan Awarding Ceremony.

Kharisma Event 2021 memiliki keunggulan dan keunikan tersendiri, karena akan merangkum berbagai macam acara yang ada di seluruh provinsi di Indonesia mulai dari tingkat kelurahan, hingga provinsi.

Berikut ini adalah kategori event yang dilombakan:
•​Maluku Utara: Festival Teluk Jailolo
•​Bali – Denpasar: Pesta Kesenian Bali
•​Bali – Ubud : Ubud Writers & Readers Festival
•​Sumatera Utara – Bukit Singgolom: Toba Caldera World Music Festival
•​Banda Aceh: Aceh Culinary Festival
•​Jawa Tengah – Klaten: Festival Payung Indonesia
•​DKI Jakarta: Jakarta Dessert Week
•​Jawa Timur – Banyuwangi: Banyuwangi Ethno Carnival
•​Jawa Barat – Majalengka: Ceramic Music Festival
•​D.I. Yogyakarta: Ngayogjazz

Perlu dicatat pula, meskipun kompetisi ini dilaksanakan secara digital, penilaian juri akan dilaksanakan dengan seksama dan ketat. Kriteria penilaian juri antara lain melihat dari segi orisinalitas karya, kreativitas, karya yang inovatif, karakteristik juga narasi yang baik.

Setiap kategori yaitu Photo Competition, Video Competition, dan Digital Illustration Competition masing-masing akan dipilih 3 pemenang dan mendapatkan beragam hadiah menarik yakni Trophy, Sertifikat/Penghargaan, dan uang tunai jutaan rupiah. Tidak kalah menarik, bagi peserta yang terpilih masuk dalam 30 besar akan mendapatkan merchandise menarik dari LSPR Institute dan KEMENPAREKRAF. (bs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *