SUDANG LUMURU, KOMODITAS POTENSIAL MASYARAKAT PESISIR TANJUNG TANGIS MUARE PENGAMBENGAN

Catatan Eka Sabara, Negara

PENGAMBENGAN tak hanya terkenal sebagai pusat industri pengolahan ikan. Masyarakat ini punya kekayaan budaya, yakni budaya maritim masyarakat pesisir. Para nelayan di Pengambengan punya ciri khas, yakni menggunakan purche seine perahu selerek. Hasil tangkapan para nelayan Pengambengan yang umum pada saat musim panen ikan adalah dari jenis sardinella lemuru, atau lebih dikenal akrab dengan sebutan “lemuru”.

Ikan lemuru hasil tangkapan para nelayan Pengambengan tak hanya digunakan sebagai bahan baku utama industri pengalengan ikan yang ada di pesisir selatan Kota Negara tersebut. Lemuru juga dimanfaatkan oleh para ibu-ibu rumah tangga sebagai produk ikan kering.

Sudang, begitulah sebutan untuk produksi ikan kering hasil olahan rumah tangga para ibu-ibu di pesisir Pengambengan. Sudang lemuru hasil olahan ibu-ibu rumah tangga tersebut cukup diminati oleh para tamu-tamu maupun konsumsi sehari-hari masyarakat kota Negara. Sudang manis namanya.

Proses pengolahan sudang manis khas Muara Tanjung Tangis cukup sederhana. Pertama-tama, siapkan bahan-bahan dasar sebagai bumbu untuk dioleskan ke ikan lemuru yang sudah dicuci bersih dan dibuang isi perutnya.

Kedua, bumbu dihaluskan. Bumbu ketumbar, bawang putih, asem, gula merah dan gula pasir dihaluskan bersama-sama kemudian dipoleskan di dalam dan luar ikan lemuru yang sudah terbelah. Lantas ikan dijemur pada pukul 8.00 sampai pukul 10.00 selama 3 hari berturut-turut.

Untuk persiapan bumbu sesuaikan dengan jumlah ikan yang akan dijadikan sudang manis tersebut. Setelah 3 hari, sudang lemuru sudah siap untuk dimasukkan ke dalam kemasan plastik dan ditutup dengan sistem soderan kedap udara.

Para tamu yang berkunjung ke pesisir Pengambengan sering minta dicarikan oleh-oleh sudang manis Tanjung Tangis karena memilki cita rasa yang khas dengan kesegaran ikan tangkapan para nelayan pesisir Pengambengan. (bs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *