BUPATI GIRI PRASTA ANTAR KEPULANGAN JENAZAH ALM. IB SUNARTHA

Upacara Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

MANGUPURA – Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta, turut mengantar kepulangan jenazah almarhum (alm) anggota DPRD Badung, IB Made Sunartha, dari RSD Mangusada menuju rumah duka Griya Sari Sangeh, Br. Muluk Babi, Desa Sangeh, Abiansemal, Rabu (10/2/2021). Di masa PPKM ini, kepulangan jenazah tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

Pimpinan Pemkab Badung lainnya yang juga tampak hadir dalam prosesi kepulangan jenazah tersebut diantaranya Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, Pimpinan DPRD Badung yaitu Ketua DPRD Putu Parwata bersama kedua wakilnya I Wayan Suyasa dan Made Sunarta. Sampainya di rumah duka, jenazah langsung disemayamkan di bale gedong yang terletak di sisi utara. 

Bupati Giri Prasta atas nama pribadi dan Pemkab Badung mengucapkan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya  atas berpulangnya almarhum. Diharapkan kepada keluarga besar Griya Sari Sangeh harus berjiwa besar dan tabah, semoga almarhum menyatu dengan Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Dikatakan untuk upacara pelebon sendiri, pada prinsipnya akan dilaksanakan sesuai dengan dresta di Desa Adat Sangeh termasuk di Griya Sari Sangeh.

“Pada masa pandemi Covid-19, terlebih Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), setiap tahapan upacara akan tetap mengedepankan protokol kesehatan. Yang ikut jalannya upacara maksimal 50 orang,” jelasnya seraya menambahkan mengenai penggunaan bade, kata Bupati itu tidak ada masalah yang penting tidak melibatkan lebih dari 50 orang. 

Terkait dengan dudonan karya pitra yadnya pelebon sarwa preteka alm. Ida Bagus Made Sunartha, pada Kamis (11/2/2021) akan dilaksanakan upacara nyiramang, dan narpana saji mulai pukul 15.00 wita. Selanjutnya pada Sabtu (13/2/2021) upacara mesesalin, Minggu (14/2/2021) menendak toya ening, ngereka kajang, melaspas kajang, dan munggah pengaskaran, ngilenang pamerasan dan ngrereh toya penembak. Puncak Karya Pelebon pada Selasa (16/2/2021). Untuk karya nyekah akan dilaksanakan pada 28 Pebruari 2021 mendatang. (bs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *