FESTIVAL MENDUNIAKAN KULINER BALI

PANITIA Festival Kuliner Bali 2020 memberikan keterangan kepada wartawan di Sekretariat DPD PDI Perjuangan Bali.

DENPASAR – Ingin tahu keunikan kuliner tradisional Bali? Anda harus menyaksikan Festival Kuliner Bali 2020 yang digelar serentak seluruh Bali, Minggu (23/2/2020). Festival tersebut untuk memeriahkan HUT ke-47 PDI Perjuangan bertema “Solid Bergerak Wujudkan Indonesia Negara Industri Berbasis Riset dan Inovasi Nasional“.

Kepada wartawan di Sekretariat DPD PDI Perjuangan Bali, Jumat (21/2/2020), Koordinator Festival Kuliner Bali 2020, I Made Ramia Adnyana, menjelaskan, keunikan kuliner Bali akan dihadirkan dalam Festival Kuliner Bali 2020 yang pertama kali diselenggarakan di Bali tersebut. Festival untuk mengangkat kuliner tradisional Bali ke kancah nasional dan internasional.

Menurut Ramia, misi dari Festival Kuliner Bali (FKB) 2020 tersebut adalah untuk melestarikan dan mengembangkan kuliner tradisional Bali. Untuk mengembangkan inovasi pengolahan pangan sesuai dengan kearifan lokal Jana Kerti, serta untuk melestarikan Mutiara Kuliner Khas Nusantara warisan Proklamator RI, Bapak Ir. Soekarno. 

FKB 2020 dikoordinir DPD PDI Perjuangan dan bekerjasama dengan Perempuan Sarinah kabupaten/kota, Asosiasi Kuliner (ICA BALI), GIPI, PHRI, IHGMA, dan IFBEC. “Penyelenggara membuka kesempatan bagi masyarakat umum baik desa adat, seka teruna teruni, komunitas kuliner, hotel dan restoran, serta ibu-ibu PKK untuk berpartisipasi dalam FKB 2020 ini dan berkompetisi untuk memasak dan menyajikan masakan terbaik dari daerah masing-masing,” ujar Ramia, didampingi Koordinator Umum HUT Ke-47 PDI Perjuangan Bali, Dewa Made Mahayadnya, dan sejumlah panitia.

Menurut Ramia, panitia menargetkan minimal peserta 100 orang (5 orang tim memasak dan 2 orang pramusaji dalam 1 kelompok) atau 15 stand kuliner di setiap kabupaten/kota. Dengan harapan akan dikunjungi minimal 1.000 pengunjung di setiap kabupaten/kota se-Bali. 

Dikatakan, FKB 2020 akan dibuka oleh masing-masing ketua DPC PDI Perjuangan kabupaten/kota se-Bali. Sementara untuk lokasi FKB 2020 ditentukan oleh DPC PDI Perjuangan di tempat terbuka dan nyaman yang akan dilaksanakan pada Minggu, 23 Pebruari 2020 pukul 06:00 – 13:00. Khusus Badung akan digelar mulai pukul 16.00.Dijelaskan, seluruh hasil masakan harus disajikan oleh pramusaji dari masing-masing kelompok dan akan dinilai oleh juri dari Indonesian Chef Association (ICA) Bali. Dipilih empat kategori juara, yang meliputi Juara Terbaik (Best of the Best), Juara Rasa Terbaik (The Best Taste), Juara Penyajian Terbaik (The Best Presentation) dan Juara Pelayanan Terbaik (The Best Service). (bs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *